VW merencanakan untuk merebut kembali pangsa pasar dalam segmen elektrifikasi global. Perusahaan Jerman ini akan meluncurkan 8 model mobil listrik terjangkau yang dijadwalkan pada tahun 2027.

Rencana ambisius ini disampaikan oleh Kepala Merek, Thomas Schaefer, dalam wawancaranya dengan publikasi auto motor und sport. Thomas menyatakan, “Kami harus memproduksi kendaraan secara menguntungkan dan menjualnya dengan harga yang wajar.”

VW ID. 2

VW ID. 2

Selain itu, Volkswagen juga akan menghadirkan model mobil listrik kecil bernama ID.2, yang akan dikembangkan dalam tiga tahun mendatang. Sebelumnya, Thomas menyebutkan bahwa mobil listrik terjangkau dari Volkswagen akan dinamai ID 1.

Model ini dirancang sebagai pengganti e-Up yang telah beredar selama 11 tahun. Rencananya, ID 1 akan dipasarkan di seluruh Eropa pada akhir 2027 dengan harga sekitar 17 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 338 juta.

VW ID. 1

VW ID. 1

Volkswagen ID 1 akan bersaing langsung dengan Renault Twingo, yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2026. Namun, Volkswagen belum mengumumkan rencana industri terkait model listrik terjangkau ini.

Harga baterai dan biaya produksi di Eropa yang tinggi membuat harga mobil listrik sekitar Rp 300 juta hanya dapat dicapai melalui produksi dalam jumlah besar dan penerapan skala ekonomi yang efisien.

Selain itu, laporan terbaru mengindikasikan bahwa Volkswagen berencana untuk berkolaborasi dengan Renault dalam pengembangan dan produksi model ID 1, yang akan dilakukan dalam kemitraan dengan Twingo.

 

Sumber : https://www.merdeka.com/otomotif/tak-tanggung-tanggung-volkswagen-bakal-8-mobil-listrik-di-tahun-2027-213252-mvk.html?page=2